10 Tips Jitu Promosi Produk di Media Sosial

Jaman now, siapa sih yang nggak punya akun di media sosial? Agan pasti punya juga, kan? Tentu, untuk mempermudah komunikasi dengan kerabat, teman, ataupun relasi, setiap orang sudah mulai memanfaatkan media sosial. Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan Line adalah beberapa contoh media sosial yang belakangan ini sangat populer, Gan.

Melalui media sosial tersebut Agan bisa membagikan informasi ke banyak orang di manapun dan kapanpun, nyaris tanpa batasan (selama masih terkoneksi dengan internet). Mulai dari membagikan pengalaman sehari-hari yang sederhana, hingga berita terbaru yang menghebohkan. Semua dapat Agan bagikan dengan mudah melalui media sosial. Sering, kan Agan mendengar sebuah berita yang mendadak viral karena postingan di media sosial?

Dengan sebuah postingan berupa foto di akun Facebook teman misalnya, Agan akan langsung tahu bahwa teman Agan sedang bepergian ke pantai bersama keluarganya, mungkin juga  Agan akan tahu bahwa saat itu dia berhasil menangkap seekor ikan yang cukup besar untuk dimasak dan dijadikan hidangan. Padahal, Agan sedang berada di rumah yang lokasinya jauh dari tempat teman Agan berada. Ya, semua itu dari postingan di media sosial.

Sehebat itulah kemampuan media sosial dalam membagikan informasi. Coba bayangkan jika Agan menggunakan kehebatan media sosial itu untuk mempromosikan produk Agan di Shopee. Tentu dengan langkah yang tepat, Agan bisa menjangkau lebih banyak pembeli untuk mengunjungi toko Agan di Shopee. Lalu bagaimana dengan Agan sendiri, sudahkah memaksimalkan fungsi media sosial yang digunakan saat ini?

Lalu bagaimana memulainya? Tenang, kami sudah siapkan 10 tips jitu yang bisa membantu Agan dalam mempromosikan produk di media sosial yang dimiliki. Berikut ulasannya:

1. Konten unik, calon pembeli tertarik

Source Image : pxhere.com

Agan perlu mempertimbangkan isi konten postingan Agan di media sosial. Mungkin toko lain memilih untuk mempromosikan produk dengan cara biasa saja. Nah, pastikan konten Agan punya keunikan dan sesuatu yang berbeda. Karena sesuatu yg khas akan lebih mudah diingat oleh pengunjung.

Misalnya, Agan membuat sebuah foto yang tidak langsung mengarahkan pengunjung ke produk Agan, tetapi memancing rasa penasaran mereka. Agan juga boleh menyisipkan konten yang menghibur atau memiliki slogan dengan gaya bahasa yang gaul dan masa kini, yang pasti konten Agan punya ciri khas, sehingga mudah diingat oleh pengunjung akun.

2. Sesuaikah dengan target pasarmu

Source Image : pxhere.com

Nah, selain punya ciri khas, Agan juga perlu mempertimbangkan kalau konten postingan yang diunggah sesuai dengan target pemasaran Agan. Kalau target pasar Agan adalah orang yang sudah dewasa, tentunya menggunakan bahasa gaul dalam postingan produk tidak tepat. Selain dari segi bahasa, konten dan topik juga harus sesuai. Jadi bisa lebih mudah diterima oleh target pasar Agan.

3. Buat pembelimu berkata, “Kalau aku pakai itu pasti kece!”

Biar produknya jauh di mata, usahakan isi postingan Agan dekat di hati pembeli ya. Dekatnya itu jika produk Agan dapat menyentuh emosi si pembeli hingga bisa membayangkan bagaimana jika ia memakai produk yang Agan tawarkan. Ya, Agan bisa menyesuaikan konsep yang di pakai untuk foto produk tersebut dengan fungsi produk Agan.  

Gimana caranya? Misalnya, Agan akan posting sebuah foto seorang model bergaya dengan tas ransel hiking. Pastikan untuk menampilkan suasana yang membuat pengunjung merasa menggunakan tas ransel hiking tersebut. Tentunya Agan akan menghindari foto si model bersama tas ransel tersebut di area pertokoan, kan? Akan lebih baik jika konsep foto tersebut dibuat seolah si model sedang hiking dengan menggunakan tas ransel tersebut, Gan.

4. Watermark, supaya profesional

Penggunaan watermark bukan sekedar tanda kepemilikan hasil karya foto saja Gan, tapi juga menunjukkan identitas si penyedia foto. Dari watermark, orang akan melihat siapa yang mengambil foto tersebut. Selain itu, foto produk Agan yang ditandai dengan watermark (tapi jangan sampai menutupi produknya, ya) bisa terlihat lebih profesional.

5. Postingan terjadwal

Source Image : pixabay.com

Sama seperti berita, postingan Agan akan lebih mudah diikuti ketika jadwalnya teratur. Kalau random alias acak, calon pembeli akan bingung mengikuti postingan Agan. Sekali ketinggalan, pembeli bisa kehilangan ketertarikan untuk mengikuti postingan Agan, lho.

6. Integrasikan media sosial dengan marketplace

Saat ini Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia juga nggak ketinggalan untuk mengembangkan fiturnya. Shopee bisa terintegrasi dengan akun media sosial Agan, lho. Pastinya, Agan bisa share produk jualan ke media sosial seperti WhatsApp, Line, Instagram, Twitter, ataupun Facebook melalui Shopee dengan sangat mudah.

7. Komentar sinis, respon tetap manis

Source Image : pixabay.com

Yah, yang namanya bisnis, pasti pernah nememui pelanggan yang sentimen sama pelayanan yang Agan berikan. Tapi bagaimanapun ulasan yang diberikan pelanggan kepada toko Agan, tetap jawab dengan sopan dan ramah ya, Gan. Meski tidak langsung menghasilkan dampak, sikap ramah terhadap pelanggan akan membuat Agan mendapatkan citra yang positif sebagai penjual.

(Baca juga: 3 Tips Untuk Meningkatkan Citra Penjual Shopee Sehingga Tokomu Makin Dilirik)

8. Pasang iklan di media sosial

Jika Agan memiliki cukup modal, memanfaatkan fasilitas iklan berbayar di media sosial bisa menjadi keputusan yang tepat untuk diambil. Dengan membayar, produk Agan akan diiklankan melalui media sosial yang digunakan. Jangan tanya apa kelebihannya, karena pasti akan menjangkau lebih banyak pengguna media sosial.

9. Jangan berhenti berkreasi

Source Image : www.maxpixel.net

Berkreasi dalam menciptakan konten itu harus dilakukan terus menerus Gan. Supaya, pengunjung tidak bosan dengan konten postingan yang dibawakan. Jika pengunjung merasa bosan dengan postingan yang diunggah, sangat mungkin mereka ikut kehilangan ketertarikan pada produk Agan.

Jika sedang kehabisan ide, Agan bisa melihat atau berkunjung ke akun toko lain. Siapa tahu, Agan justru mendapat inspirasi dalam mengembangkan konten di akun Agan sendiri. Tapi ingat, tetap buat yg berbeda ya.

10. Sosialisasikan fitur Shopee di media sosialmu

Source Image : pxhere.com

Agan bisa berbagi informasi mengenai fitur – fitur di Shopee kepada teman – teman Agan yang sering berbelanja. Bisa juga berbagi informasi tentang fitur Shopee kepada sesama penjual.

Bukan cuma menguntungkan untuk pengunjung media sosial saja, tapi juga untuk Agan sebagai penjual online, karena pengunjung media sosial yang melihat postinganmu lambat laun akan mengikuti segala informasi yang kamu posting. Setelah percaya pada informasi yang diberikan secara rutin, mereka akan mulai mengikuti aktivitas bisnis Agan di Shopee. Kemudian, nantinya para pengunjung tersebut dapat menjadi pelanggan atau partner bisnis setia Agan.

Nah, sekarang Agan sudah tahu bagaimana cara menunjang penjualan dengan memanfaatkan mesia sosial yang ada. Banyaknya pengguna yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi bisa menjadi kesempatan untuk memudahkan Agan dalam mempromosikan produk dari toko online di Shopee secara gratis.

Source Image : pxhere.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *