4 Tips Hindari Pengembalian Barang oleh Pembeli di Shopee

Mungkin Agan pernah menangani pembatalan pesanan yang diajukan oleh pembeli, namun begitu, ada juga pembeli yang memutuskan untuk mengembalikan barang pesanan yang Agan kirim. Alasannya beragam, mulai dari kesalahan pengiriman produk, ataupun produk yang dikirim mengalami kerusakan.

Jika pembeli sering mengajukan pengembalian dan Agan menyetujui untuk menerimanya, maka Agan sebaiknya mempertimbangkan ulang. Mengapa? Seperti tingkat pembatalan pesanan, tingkat pengembalian pesanan juga dapat berpengaruh pada performa Toko Agan.  Tingkat pengembalian pesanan ini mencatat seberapa sering Agan melakukan pembatalan pesanan dan menyetujui pengembalian pesanan dalam 30 hari terakhir (berdasarkan jumlah pesanan yang diterima penjual dan telah dikirimkan oleh penjual).

Tingkat pembatalan tersebut yang akhirnya akan menentukan penghitungan tingkat pengembalian pesanan di toko Agan. Jadi, pastikan tingkat pengembalian pesanan tidak lebih dari 25%, ya Gan. Karena ini akan berpengaruh kepada performa toko Agan. Jika performa menurun karena tingkat pengembalian pesanan yang tinggi, Agan bisa mendapat sanksi penalti dari Shopee. Sanksi yang diberikan sesuai dengan lamanya Agan mengurangi persentase pengembalian pesanan di toko.

Sanksi yang dikenakan dalam minggu pertama adalah munculnya notifikasi di toko Agan yang akan mengingatkan pembeli untuk mengkonfirmasi stok produk sebelum memesan di toko. Minggu berikutnya, akses Agan ke semua fitur promo Shopee akan dihentikan. Dalam jangka panjang, sanksi yang dikenakan jika masih belum dapat mengurangi persentase tingkat pengembalian barang adalah, dihentikannya program Gratis Ongkir Shopee dari toko yang dikelola.

Untuk menghindari sanksi tersebut, ada baiknya Agan mencari tahu penyebab utama dalam tingginya tingkat pembatalan pesanan di toko. Dengan mengetahui penyebab utamanya, Agan dapat memakai tips yang kami siapkan di bawah, untuk mengatasinya:

(Baca juga: Shopee Seller : Kenapa Pembeli Sering Mengembalikan Pesanan?)

1. Jangan salah kirim produk

Untuk menghindari kesalahan pengiriman, Agan perlu memastikan bahwa semua produk pesanan telah dimasukkan ke dalam packing dan penulisan label atau alamat produk sudah benar.

Agar mempermudah memeriksa daftar pesanan yang perlu dikirim tersebut, Agan dapat mendownloadnya melalui fitur Penjualanku di Shopee Seller Centre. Pada bagian kanan atas halaman Penjualanku, klik Pengiriman Massal. Pada sisi kanan, Agan dapat mengklik Donwload Pesanan Perlu Dikirim.

Jika sudah memastikan label pengiriman paket benar, Agan dapat langsung mencetaknya pada bagian atas Download Pesanan Perlu Dikirim.

2. Packing dengan aman

Jika penyebab pengembalian pesanan adalah karena barang rusak, maka Agan perlu memastikan bahwa pesanan tersebut telah dikemas secara aman. Untuk produk yang mudah rusak, Agan perlu menambahkan bubble wrap. Jika penggunaan bubble wrap dirasa kurang, untuk menghindari guncangan atau benturan, Agan dapat menggunakan peti kayu sebagai packing tambahan.

(Baca juga : 5 Tips Packing Barang Pesanan Selamat Sampai Tujuan)

3. Deskripsi produk harus jujur

Seperti penulisan atribut yang akurat, foto produk dan deskripsi yang dituliskan harus sesuai, Gan. Jika terdapat ketidaksesuaian antara produk yang dikirim dengan foto dan deskripsi produk yang tertera di toko, pembeli tentu akan merasa tertipu dan kecewa.

Jika sudah begitu, bukan hanya pengembalian pesanan, mungkin pembeli akan meninggalkan komentar negatif tentang pelayanan toko Agan. Untuk itu, Agan perlu menuliskan deskripsi produk yang sesuai dengan produk yang dijual. Deskripsi produk tersebut bisa meliputi warna, ukuran, bahan, berat, dsb.

Dengan menulis deskripsi dan foto produk yang sesuai, pembeli mendapat gambaran yang jelas tentang produk yang dipesan.

4. Produk apa yang sering dikembalikan?

Mulailah dengan memiliki pertanyaan seperti di atas. Amati produk di toko Agan yang paling sering dikembalikan oleh pembeli, dan cari tahu penyebabnya. Agan dapat mengurangi stok produk terkait untuk sementara waktu dari toko Agan. Jika kualitas produk perlu ditingkatkan kembali, maka akan lebih baik menghapus produk tersebut dari toko Agan untuk sementara waktu. Jika kualitas produk sudah berhasil ditingkatkan, maka Agan dapat mengunggah produk tersebut lagi di toko.

Pengembalian pesanan seringkali diajukan oleh pembeli dan disetujui oleh penjual dengan beragam alasan. Tentunya, pengembalian pesanan menunjukkan bahwa pembeli memiliki kekecewaan pada pelayanan yang diberikan penjual dalam mengirimkan produk. Namun, sering mengembalikan pesanan memiliki dampak pada performa toko di Shopee. Jika performa yang dicapai buruk karena tingginya tingkat pengembalian pesanan, maka penjual akan mendapatkan sanksi penalti dari Shopee. Untuk itu, sebagai penjual di Shopee, Agan perlu memastikan bahwa tingkat pengembalian pesanan di toko tetap rendah.

Untuk mengurangi persentase pengembalian produk, maka ada baiknya mengetahui penyebabnya dan menerapkan solusi yang sesuai. Agan dapat menggunakan tips yang kami bagikan di atas sebagai panduan mengurangi persentase pengembalian pesanan di toko Agan. Semoga berhasil!

Image Source : www.501csw.usafe.af.mil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *