7 Tips Sukses Jualan di Instagram

Zaman now, siapa yang tidak kenal dengan media sosial Instagram, salah satu media sosial popular di dunia. Bahkan Instagram menempati urutan ketiga untuk media sosial yang paling populer berdasarkan situs dreamgrow.

dreamgrow
Top Most Popular Social Networking and Apps by dreamgrow

Sesuai dengan logonya, yaitu kamera, Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto dan video. Instagram memaksimalkan fiturnya untuk berkomunikasi melalui foto ataupun video, dimana kita sebagai pengguna internet cenderung lebih tertarik pada bentuk visual atau sesuatu yang dapat dilihat. Meskipun pertama kali ditujukan untuk berbagi foto dan video, sekarang ini Instagram marak dijadikan platform bisnis, apalagi untuk bisnis online yang bisa digunakan oleh siapa saja. Dengan didominasi pengguna Instagram yang besar pula, ini menjadi sarana promosi yang sangat ampuh untuk kamu yang berjualan.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara berjualan di Instagram, bagaimana menjual produk kamu lewat Instagram? Berikut ini tipsnya.

 

1. Pastikan kamu punya akun Instagram

log in instagram

Source image : www.maxpixel.net

Jelas! Kamu mau jualan di Instagram, kamu wajib punya akun Instagram. This is the basic thing to do.

Jika kamu belum punya, pastikan kamu membuat akun instagram dulu ya.

 

2. Buat profile Instagram-mu semenarik mungkin

Source image: unsplash.com

Sama seperti cover pada buku, tampilan utama yang eye cacthing bisa menarik perhatian kamu. Berawal dari sesuatu yang menarik akan membuat pelanggan untuk singgah ke akun kamu.

Profile Instagram kamu harus memuat:

  • Username, tentukan yang unik untuk akun Instagram kamu. Username ini akan digunakan ketika mereka mencari akun instagrammu.
  • Account name, akan lebih baik ketika nama akun Instagram kamu sama dengan username kamu. Ini akan memudahkan pelanggan dalam mengenali brand kamu.
  • Profile foto, pilih foto yang menampilkan logo brand kamu yang akan memudahkan produk kamu dikenali banyak orang.
  • Bio, ini kamu harus memuat deskripsi yang jelas tentang produk kamu. Jangan lupa sertakan kontak kamu agar pelanggan mudah untuk menghubungi kamu.
  • URL, akan sangat bagus ketika kamu menambahkan link ke halaman instagram kamu. Jadi, pastikan kamu menggunakannya.

 

3. Bangun Followers yang kuat di Instagram-mu

Follow

Source image : unsplash.com

Ada baiknya kamu sudah punya setidaknya beberapa followers sebelum kamu mulai menjual produk kamu. Dengan cara ini kamu tidak akan memposting konten produk kamu ke akun yang kosong. Dengan adanya followers, diharapkan ada interaksi baik comment atau like pada postingan kamu. Ini akan menjadi awal yang baik untuk kamu.

 

4. Konten bagus, jualan mulus

Source image: unsplash.com

Orang-orang menggunakan Instagram untuk melihat foto. Nah, karena fokus Instagram adalah berbagi foto, baiknya kamu memasarkan produk kamu sebaik mungkin lewat foto. Buat foto yang menarik mengenai produk kamu. Gunakan kreatifitasmu untuk menghasilkan foto dan video yang berkualitas.

Make a good caption for your instagram post. Bukan hanya foto yang menarik, caption unik juga menjadi salah satu daya tarik dalam sebuah postingan foto atau videomu.  Tuliskan secara detail mengenai produk yang kamu pasarkan agar memudahkan pelanggan mengetahui produk kamu.

Jangan lupa konsisten dalam memposting foto dan video, agar followers kamu dapat update mengenai produk yang kamu jual. Untuk konsisten kamu bisa merencanakan kapan dan seberapa sering kamu harus posting pada akun Instagram kamu.

Tip: Pilihlah ukuran foto yang sesuai dengan platform Instagram, agar memudahkan kamu saat posting fotomu di Instagram.

 

5. Gunakan #hashtags yang tepat

Source image: unsplash.com

Hashtag Instagram bisa diartikan sebagai kata kunci dari sebuah produk, misalnya kamu membuat hashtag #BajuMurah, dimana ketika kita klik hashtag tersebut itu akan mengantarkan kamu pada semua postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Penggunaan hashtag dalam setiap postingan foto atau videomu di Instagram kadang kala berpengaruh dalam menaikkan jumlah likes dan followers.

Penggunaan hashtag di postingan kamu juga membantu mempermudah pengguna lain menemukan postingan kamu dan akan mendapatkan pemahaman yang jelas tentang produk kamu.  Jadi, jangan lupa tambahkan hashtag pada postingan kamu ya.

Tip: Pastikan kamu menambahkan hashtag dengan nama online shop kamu pada postinganmu, contohnya #namaOnlineShopKamu, ini akan memudahkan orang lain dalam menemukan konten yang terkait produk kamu serta akun utama kamu.

 

6. Gunakan fitur Instagram Stories

Instagram Stories memungkinkan kamu mengirim foto dan video yang hanya akan bertahan selama 24 jam (meski stories ini bisa kamu simpan nantinya untuk digunakan kembali). Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memperkenalkan produk kamu. Ketika kamu memposting stories di Instagram-mu, peluang pelanggan untuk melihat produk kamu jauh lebih tinggi dibanding kamu memposting foto atau video biasa.

 

7. Kolaborasi menambah relasi

Source image: unsplash.com

Berkolaborasi dengan orang-orang yang berpengaruh dan relevan dengan brand atau industri kamu. Saling memasarkan produk kamu dan mereka menjadi peluang yang baik untuk keberhasilan kamu menjual produk kamu di Instagram.

Itu tadi 7 hal yang bisa membantu kamu untuk memulai jualan di Instagram. Dengan kepopulerannya serta banyaknya pengguna Instagram saat ini akan menjadi peluang bisnis yang bagus untuk memasarkan produkmu lewat Instagram.

Jadi, kapan nih kamu mulai jualan memakai Instagram ?

 

Source image : unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *