Buat Tampilan Jualanmu di Shopee Lebih Menarik Dengan 3 Tips Berikut

Tahukah Agan, manusia memproses sebanyak 90% informasi melalui mata, sementara sisa 10% persennya diproses dari panca Indera yang lain seperti pendengaran, penciuman, atau sentuhan? Karenanya, dalam dunia bisnis online, tampilan visual suatu produk memiliki peranan penting dalam menjaring pelanggan. Hal ini sudah banyak diketahui oleh kalangan pebisnis online, lho Gan. Makanya, para pemilik toko online berlomba – lomba membuat tampilan foto produknya terlihat menarik. Bagaimana dengan Agan sendiri?

Pernahkah Agan merasa tampilan foto produk serupa dari toko tetangga terlihat lebih memikat dari foto produk yang Agan tampilkan? Jika ya, Agan mungkin bertanya – tanya bagaimana toko lain dapat membuat tampilan produk yang lebih memikat. Mungkin juga, Agan berpikir bahwa si pemilik toko adalah seorang fotografer andal sehingga foto – foto produknya terlihat menarik.

(Baca Juga : Mau Foto Produk Keren Hanya dengan HP? Coba Lakukan Tips – Tips Ini)

Sebenarnya, Agan tidak perlu menjadi fotografer profesional untuk membuat tampilan produk yang menarik. Kami sudah menyiapkan 3 tips untuk membuat tampilan produk Agan lebih menarik di mata pembeli. Yuk, simak tipsnya!

Penggunaan Foto Produk

Sudahkah Agan memeriksa kejelasan foto produk  yang ditampilkan? Jelas di sini dalam artian memiliki resolusi yang cukup besar, ya. Di Shopee, resolusi yang dianjurkan untuk sebuah gambar adalah 1024 x 1024 pixel dengan perbandingan 1:1 (foto tersebut berbentuk persegi). Selain resolusi, Agan juga perlu pastikan background untuk pengambilan foto produk berwarna putih. Ketentuan ini sama persis seperti saat Agan menambahkan foto produk di toko online.

(Baca juga : Cara Menambahkan / Memasang Foto Produk Jualanmu di Shopee)

Selain resolusi dan perbandingan ukuran foto, penting juga nih, untuk mempertimbangkan jarak pengambilan foto produk. Sebaiknya foto produk dari jarak dekat dan tidak terhalang oleh objek lain yang menggangu supaya produk terlihat jelas dan fokus. Ingat, yang menjadi fokus utama adalah produk Agan, jadi hindari juga menggunakan watermark, teks, atau objek yang dapat menghalangi produk.

Setelah mengambil foto, Agan bisa pilih foto terbaik untuk menjadi foto utama, agar dapat menarik minat pembeli. Berikut adalah contoh tampilan foto produk yang tidak dianjurkan dan yang dianjurkan:

Rincian Produk

Di bagian ini, Agan diminta menentukan rincian produk secara jelas. Untuk memulainya, Agan perlu menentukan nama produk. Penentuan nama produk merupakan tahap paling penting untuk jualan di Shopee. Nama produk yang sesuai dengan hasil pencarian di Shopee akan lebih diprioritaskan sebagai hasil pencarian produk. Karena itu, Agan perlu meriset kata kunci atau keyword yang sering dipakai oleh calon pembeli ketika mencari produk jualan Agan.

Tentukan nama produk secara singkat dan relevan. Batas maksimal untuk judul produk atau nama produk adalah 100 karakter sehingga Agan harus pastikan kalau nama produk sudah meliputi informasi dasar produk seperti jenis, merek, dan keterangan singkat dari produk yang dijual. Penggunaan kata – kata yang tidak perlu justru akan membuat Agan terkena Sistem Poin Penalti.

Lalu, jangan lupa untuk menyelipkan deskripsi tambahan seperti warna dan model di bagian rincian produk secara singkat dan jelas. Agan juga bisa menggunakan maksimal 18 hashtag yang populer dan relevan, supaya produk lebih mudah ditemukan pembeli.

Peletakkan Produk di Kategori

Di tips ke tiga ini, Agan perlu melakukan hal yang tidak kalah pentingnya dengan menentukan nama produk, yaitu meletakkan produk pada kategori dan sub kategori yang benar. Jika Agan keliru memasukkan kategori produk, maka pembeli Agan akan kesulitan menemukan produk yang Agan jual. Jadi, pastikan juga atribut produk seperti merek, model, ukuran dan lain sebagainya tertulis secara lengkap dan akurat. Jika atribut produk yang Agan gunakan lengkap, maka produk Agan akan berada di posisi yang lebih mudah ditemukan di halaman pencarian.

Terakhir, tentukan jasa kirim yang akan digunakan untuk menjual. Tentukan apakah produk Agan sudah tersedia atau harus pre-order. Sehingga pembeli tidak merasa dikecewakan jika produk yang ditawarkan belum tersedia.  

Tampilan visual suatu produk memang memiliki peranan penting dalam menjaring pelanggan. Karena itu, memperbaiki tampilan produk adalah langkah yang tepat agar Agan dapat menemukan banyak pelanggan. Tidak perlu menjadi seorang fotografer andal, Agan hanya perlu memperbaiki tampilan dengan melihat beberapa aspek. Pertama, dari penggunaan foto produk yang jelas, rincian produk yang singkat, dan relevan, serta yang terakhir adalah ketepatan kategori produk yang akan dijual.

Dengan ketiga tips di atas, bukan hanya memperbaiki tampilan produk, tapi mungkin Agan juga menarik lebih banyak pembeli dari yang bisa dikira. Selamat mencoba!

Source Image : seller.shopee.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *