Mau Foto Produk Keren Hanya dengan HP? Coba Lakukan Tips-Tips Ini

Pernah merasa foto produkmu kurang menarik? Mungkin banyak yang mengira foto yang bagus hanya bisa dihasilkan oleh kamera-kamera mahal aja ya. Tenang, Gan! Kali ini kami akan memberikan tips-tips sederhana untuk mendapatkan foto produk yang keren hanya dengan bermodalkan smartphone dengan resolusi 5MP saja, Agan sudah dapat membuat foto yang bagus dan menarik dengan teknik-teknik tertentu. Yuks, simak langsung tipsnya!

Pencahayaan yang Cukup

Gunakan pencahayaan alami atau cahaya matahari untuk menghasilkan foto yang natural. Sebaiknya ketika ingin mengambil gambar menggunakan pencahayaan matahari usahakan di tempat-tempat yang terbuka seperti taman. Agan bisa mengambil foto produk pada jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore.

Lalu bagaimana jika tidak bisa menggunakan pencahayaan alami? Setidaknya bisa melakukan sesi pemotretan ini di dekat pintu atau jendela sehingga ada cahaya matahari yang masuk. Kalau kurang terang, tidak ada salahnya menambah lampu untuk mendukung pencahayaan.

Background yang tepat dapat menonjolkan barang

Source image: @alexagorn

Mungkin Agan bingung, bagaimana agar produk yang dijual kelihatan menonjol? Salah satu teknik yang menentukan adalah background. Bagaimana menentukan sebuah background? Apakah perlu sewa studio? Apakah perlu background yang bagus dan meriah? Di sini kami akan menjawab pertanyaanmu.

Jika pengambilan foto di dalam ruangan, Agan bisa membuat sebuah studio mini dengan background berwarna putih. Studio mini ini dapat berbentuk seperti sebuah kotak atau mungkin hanya seperti sebuah kertas yang ditempelkan pada meja dan dinding yang berdekatan. Kenapa berwarna putih? Karena warna putih adalah warna yang netral dan dapat mendukung pencahayaan.

Apakah bisa menggunakan warna lain? Tentu bisa, tetapi juga harus disesuaikan dengan produknya. Untuk background yang meriah tidak disarankan karena akan membuat foto tidak fokus pada produk yang dijual sehingga malah akan membuat bingung pembeli.

Sudut pengambilan foto (angle)

Pernahkah Agan menemui sebuah foto produk yang sebetulnya bagus tetapi kurang menarik karena terlihat sangat datar? Itu semua terjadi karena angle atau sudut pengambilan foto yang kurang tepat, sehingga produk terlihat datar dan tidak penuh.

Lalu bagaimana agar sudut pengambilan bisa bagus? Hal ini tidaklah sama untuk berbagai macam produk karena ada produk yang akan terlihat bagus jika diambil dari sudut pengambilan dari atas, ada pula dari bawah, samping, dsb. Bahkan untuk produk fashion yang menggunakan model akan terlihat berbeda jika diambil dari atas.

Untuk itu, saran kami adalah potret dulu produk dari berbagai macam sudut kemudian pilihlah gambar yang menurut Agan bagus dan menarik. Satu hal terakhir, berlatihlah terus.

Model untuk barang fashion

Source image: shopjeanphotography.com

Mungkin Agan ingin menjual produk-produk fashion seperti baju, kerudung, jas, dll. Maka Agan memerlukan seorang model. Kenapa perlu model? Karena dengan adanya model ini pembeli akan melihat seperti apa proporsi dari produk fashion yang dijual. Apalagi jika didukung dengan model yang pas sekali untuk memakai produk tersebut, tentunya hal ini akan lebih menarik minat pembeli untuk membelinya.

Agan nggak perlu membayar model yang mahal hanya untuk memasarkan produk. Cukup meminta bantuan teman atau saudara Agan yang kelihatannya pas untuk memakai produk tersebut dan menjadi model dadakan.

Jangan pakai zoom

Ketika memotret sebuah produk untuk dijual, sebaiknya menghindari teknik zoom. Hal ini dimaksudkan agar foto yang dihasilkan memiliki resolusi yang tinggi dan tidak pecah. Jadi, jangan pakai zoom ya.

Pastikan kamera stabil

Aduh kok gambarnya blur sih? Padahal sudah bagus model, pencahayaan, background dan kameranya. Kenapa ya? Nah, masalah seperti ini yang mungkin sering dialami. Hal ini terkadang terjadi karena saat kita memotret, tangan atau anggota tubuh kita yang lain bergetar atau bergerak. Hal ini sesungguhnya dapat diatasi dengan cara memegang tangan Agan sendiri agar tidak goyang. Tetapi jika mempunyai modal lebih, mungkin dapat menggunakan sebuah mini tripod.

Kenali smartphone

Tips kali ini Agan dapat eksplor sendiri karena smartphone setiap orang berbeda-beda. Jadi, Agan bisa masuk ke menu pengaturan pada smartphone masing-masing. Mungkin mengatur ISO, white balance, contrast, dll, agar gambar yang dihasilkan dari kamera smartphone menjadi lebih maksimal.

Edit tetapi jangan berlebihan

Aku mau ngedit foto produkku nih, boleh gak ya? Tentu boleh mengedit foto produk yang sudah diambil agar terlihat lebih menarik. Tetapi ingat, jangan mengedit secara berlebihan. Karena bisa jadi bukannya tambah menarik tapi malah pembeli mengira produk yang dijual adalah barang palsu. Jadi, berhati-hati dalam mengedit sebuah produk ya.

Itu tadi adalah tips-tips membuat foto produk agar terlihat menarik. Jadi, kalau Agan ingin berjualan online dan bingung untuk membuat foto yang menarik, silakan gunakan tips di atas. Semoga tips ini berguna untuk Agan yang akan mulai berbisnis jualan online.

3 thoughts on “Mau Foto Produk Keren Hanya dengan HP? Coba Lakukan Tips-Tips Ini”

  1. Wah Terimakasih atas saran yang diberikan di artikel ini. Sarannya baik dan terbukti banyak digunakan di kalangan fotografer Handphone. Ane sebagai penjual di online shop jadi tertolong. Terimakasih Zuragan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *