Tips Cara Membuat Produk Laris di Tokopedia

Setiap penjual online pasti mau kalau dagangannya laris manis laku kayak kacang goreng dan semua harapan itu dimulai dari informasi produk yang meyakinkan calon pembeli sesuai target pasar produk Agan dan Tokopedia memberikan panduan informasi dasar produk dengan sebuah pengukuran yang namanya Skor Produk yang terletak di bagian paling bawah.

Sederhananya Bar Skor Produk ini berfungsi menjadi panduan dan patokan nilai pada produk yang akan Agan jual di Tokopedia dan ada beberapa tips  penting yang akan Zuragan bagikan untuk setiap poin di Skor Produk

1. Nama Produk

Penentuan nama produk merupakan tahap paling penting untuk jualan di marketplace tokopedia. Nama produk yang sesuai dengan hasil pencarian di tokopedia akan lebih diprioritaskan sebagai hasil pencarian produk. Tipsnya adalah  agan mesti meriset kata kunci atau keyword yang sering dipakai oleh calon pembeli ketika mencari barang jualan kita. Judul produk atau nama produk dibatasin sebanyak maksimum 70 karakter sehingga kita harus pastikan kalau nama produk kita sudah meliputi informasi dasar produk seperti  jenis, merek, dan keterangan singkat dari produk yang Agan jual.

Contoh penamaan yang baik dengan mengikuti format (jenis+merk+keterangan detail): Tas Ransel Pria Eiger Anti Air

Pastikan agan memilh kategori yang tepat sesuai dengan produk karena ini akan menentukan informasi tambahan untuk jenis produk kita seperti fitur varian atau katalog.  

2. Gambar Produk

Foto produk merupakan salah satu faktor paling penting karena calon pembeli akan melihat gambar terlebih dahulu sebelum mengklik produk Agan di Tokopedia. Pastikan foto produkbisa memberikan visual yang jelas secara fungsi atau desain yang ingin di tampilkan. Misal kalau jual baju berarti agan mungkin bisa pertimbangkan menggunakan model manekin.

Rekomendasi dari Tokopedia adalah kualitas foto produk minimum 700 piksel dengan ukuran file foto produk kurang dari 10 MB. Agan perlu mengupload 5 foto produk dan pilih gambar terbaik sebagai gambar utama produk Agan.

Baca juga:Mau Foto Produk Keren Hanya dengan HP? Coba Lakukan Tips-Tips Ini”.

3. Stok

Ketika membuat produk, Agan akan diminta memasukkan nilai stok barang sesuai jumlah stok di gudang Agan atau di supplier Agan. Dengan adanya jumlah angka stok yang dimasukkan sehingga jumlah stok Tokopedia akan selalu sinkron dengan stok asli produk sehingga menghindari pembatalan pesanan karena stok asli yang kosong walaupun di Tokopedia tertera ada stok, sehingga reputasi toko Agan aman.

4. Free Returns

Aktifkan fitur Free Returns atau Gratis Pengembalian agar pembeli merasa nyaman dan lebih tertarik lagi untuk berbelanja di toko Agan. Kenapa begitu? Supaya pembeli merasa tenang dan tidak akan merasa dirugikan jika ada pesanan atau barang yang dirasa tidak sesuai dengan pesanan pembeli. Jika Agan mengaktifkan fitur ini, maka akan muncul logo seperti ini di toko Agan.

5. Deskripsi Produk

Agan juga wajib mengisikan deskripsi  lengkap dan jelas produk agar pembeli semakin yakin dan jelas  dengan barang yang akan dibeli di toko Agan.. Dalam mengisi deskripsi produk yang baik, Agan harus mengisinya minimal 200 karakter. Misalnya, produk apa yang dijual, kegunaan produk, kelebihannya, atau mungkin spesifikasi detail produk. Deskripsi produk yang Agan masukkan memiliki batasan maksimal 2000 karakter.

6. Varian Produk

Agan dapat menambahkan beberapa varian produk yang dijual. Contohnya, handphone yang memiliki beberapa varian warna yang berbeda. Dengan adanya varian produk, maka pembeli cukup memilih opsi varian produk sesuai pilihan yang tersedia di halaman produk.

7. Video Produk

Fitur Upload Video Produk hanya tersedia untuk Gold Merchant. Video produk ini bisa berisi demo produk, cara pakai produk ataupun hanya penampakan produk yang dijual. Mungkin untuk menjual produk yang umum dipakai orang, video menjadi tidak penting, contohnya menjual sabun batang merek lifebuoy. Tetapi kalau Agan menjual produk yang masih perlu edukasi pasar ataupun desain visual sebuah produk bisa membantu calon membeli mengambil keputusan maka video akan menjadi fitur penting buat jualan Agan di Tokopedia.

Agan perlu mengupload video tersebut di YouTube dan hanya perlu copy alamat URL video tersebut ke kolom “Masukkan URL Video” di Tokopedia.

Akhir dari perjalanan dari status skor “ Sangat Baik” itu hanya langkah pertama supaya produk kita tampil meyakinkan dan laris di Tokopedia tetapi jangan cuma kejar status skor produk Tokopedia  saja tetapi perhatikan tips di atas tadi ya.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *