Tutup Toko Sementara di Shopee dengan Fitur Toko Libur

Mengelola toko online memang membutuhkan banyak perhatian dan fokus, Gan. Dalam mengelola toko pun, performa Agan sebagai penjual di Shopee terus dipantau. Jika Agan tidak Login selama 7 hari berturut – turut dan tidak mengelola pesanan yang masuk ke toko selama waktu tersebut, maka Shopee akan membatalkan pesanan tersebut secara otomatis. Ini akan berdampak pada tingginya tingkat pembatalan pesan dan performa toko Agan.

Jika performa toko yang dikelola buruk, Agan terancam mendapat poin penalti dari Shopee. Hal ini diterapkan agar, penjual dapat melayani pembeli dengan sungguh-sungguh dan lebih disiplin dalam mengelola toko dan pesanan yang masuk.

Padahal sebagai individu, Agan tentu tidak dapat menghindar dari hal lain di luar berjualan online. Misalnya, Agan sedang sakit dan perlu waktu untuk beristirahat hingga pulih, ataupun ingin libur sejenak dari rutinitas untuk berkumpul dengan keluarga dan teman dekat, atau hal lainnya yang membuat Agan tidak dapat mengelola toko sementara waktu.

Jangan khawatir dulu, Gan. Sebenarnya, bukan hanya pembeli, Shopee juga memahami kebutuhan penjual sebagai individu. Jika Agan sedang memiliki aktivitas lain sehingga tidak dapat mengelola toko, Agan dapat memanfaatkan fitur Toko Libur yang disediakan oleh Shopee.

Fitur Toko Libur ini memungkinkan Agan menutup toko dan menonaktifkan seluruh aktifitas di toko untuk sementara waktu. Selama fitur ini diaktifkan, seluruh produk akan tertulis “Habis” dan tidak dapat ditemukan oleh pengguna Shopee lainnya.  Agan juga tidak dapat menambahkan produk atau mengubah informasi produk yang sudah tertera di toko selama fitur Toko Libur aktif.

Dengan begini, calon pembeli tidak dapat memesan produk di toko Agan, sehingga terhindar dari pembatalan otomatis oleh Shopee. Walaupun begitu, Agan tetap harus menyelesaikan pesanan yang sudah diterima, ya.

Fitur ini membutuhkan proses pengaktifan selama 1 jam dan baru dapat dinonaktifkan kembali dalam 24 jam setelah pengaktifan.

Jika Agan berencana untuk berlibur atau melakukan kegiatan lainnya dan menutup toko, Agan dapat menggunakan fitur ini. Kami sudah menyediakan langkah-langkah yang akan membantu Agan dalam mengaktifkan fitur Toko Libur. Yuk, ikuti:

1. Akses Asisten Penjual

Sebelum mengaktifkan fitur toko libur, Agan perlu mengakses lebih dahulu fitur Asisten Penjual pada menu “Saya” di aplikasi Shopee Agan.

2. Pengaturan Toko

Melalui Asisten Penjual, Agan perlu memilih “Pengaturan Toko”. Di fitur ini Agan dapat mengelola toko Agan termasuk mengaktifkan fitur Penawaran Harga, Auto-reply chat dan Toko Libur. Namun fitur Penawaran Harga dan Auto-replay chat akan otomatis dinonaktifkan jika Fitur Toko Libur aktif.

3. Fitur Toko Libur

Untuk mengaktifkan fitur ini, Agan hanya perlu menekan tombol pada bagian kanan. Jika tombol tersebut berwarna hijau, maka itu tandanya, fitur Toko Libur sedang dalam proses pengaktifan. Fitur ini membutuhkan waktu 1 jam untuk aktif.

4. Fitur Toko Libur Aktif

Jika fitur telah berhasil diaktifkan setelah satu jam, pembeli akan melihat Toko Agan seperti di bawah ini:

Sementara, tampilan akun Agan akan terlihat seperti di bawah ini:

Setelah fitur dinonaktifkan, Agan dapat mengelola kembali toko Agan seperti semula. Stok produk akan kembali tersedia, dan pembeli sudah dapat memesan produk di toko. Selain itu, produk Agan akan muncul kembali di halaman rekomendasi Shopee.

Fitur Toko Libur memungkinkan Agan untuk menutup toko dan menonaktifkan seluruh produk di toko untuk sementara waktu. Dengan demikian, pembeli tidak dapat memesan produk ataupun mengakses toko Agan. Sehingga, Agan dapat terhindar dari pembatalan pesan otomatis oleh Shopee.

Mau berlibur? Yuk, tutup toko sementara dan aktifkan fitur Toko Libur sekarang!

Source Image : help.shopee.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *